Petugas melaksanakan prosesi pemakaman pasien Covid-19 dengan standar protokol kesehatan. (FOTO SATGAS PENANGANAN COVID-19 PULANG PISAU)

TRANS HAPAKAT – Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo (28/5/2021) membenarkan dua  pasien positif Covid-19 meninggal dunia. Dua pasien meninggal yakni pria berumur 93 tahun dari Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya dan pria berumur 59 tahun  dari Desa Mintin Kecamatan Kahayan Hilir.

Dijelaskan Muliyanto, pasien positif meninggal dunia dari Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya usai menjalani perawatan beberapa hari di RSUD Pulang Pisau dengan penyakit penyerta radang paru-paru.

Pasien meninggal dari Desa Mintin sebelumnya menjalani perawatan di RS TNI Palangka Raya dengan kondisi kesehatan yang selalu menurun. Pasien sempat dirujuk ke RS Betang Pambelum Palangka Raya, tetapi setiba di ruangan IGD rumah sakit tersebut pasien akhirnya meninggal dunia.

Kedua pasien meninggal dunia itu, terang Muliyanto, telah dimakamkan dengan standar protokol kesehatan. Pasien meninggal dari Desa Henda, prosesi pemakaman dilakukan oleh petugas dari RSUD Pulang Pisau. Untuk pasien meninggal berasal dari Desa Mintin, prosesi pemakaman dilakukan oleh petugas RS Betang Pambelum Palangka Raya dan dikebumikan di Desa Mintin.

Dikatakan Muliyanto, terkait dengan data pasien Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau yang meninggal dunia (28/5/2021) baru tercatat sebanyak satu orang, dikarenakan pihak RS Betang Pambelum baru melaporkan pasien meninggal pada sore hari. Sedangkan, pelaporan data perkembangan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah dari setiap daerah harus sudah masuk paling lambat pukul 13.00, sehingga hanya satu pasien yang  baru masuk dalam laporan.

Dikatakan Muliyanto selain pasien positif yang meninggal dunia, pada hari yang sama terjadi penambahan sebanyak dua pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya berasal dari Desa Goha Kecamatan Banama Tingang

Dengan adanya penambahan sebanyak dua pasien positif ini, papar Muliyanto, maka jumlah total pasien positif Covid-19 di kabupaten setempat menjadi 583 orang. Pasien sembuh berjumlah 546 orang. Pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 17 orang dengan jumlah komulatif pasien meninggal dunia sebanyak 21 orang.

Dari sebanyak 17 orang pasien saat ini menjalani perawatan terbagi di RSUD Pulang Pisau sebanyak tujuh orang. RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya sebanyak satu orang. RS TNI Palangka Raya sebanyak satu orang. RS Siloam dan RS Betang Pambelum Palangka Raya masing-masing tiga orang dan yang  menjalani isolasi mandiri sebanyak dua orang. (Penulis: HERI WIDODO/ Editor: DUDENK)