TRANS HAPAKAT – Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengatakan diversifikasi pangan lokal adalah salah satu poin yang ditekankan dalam Video Confrence (Vidcon) terkait  Pelaksanaan Gerakan Diversifikasi Gerakan Pangan Lokal bersama Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Menurut Pudjirustaty bahwa program diversifikasi pangan lokal  kepada masyarakat merupakan salah satu langkah yang sedang digalakan oleh pemerintah pusat dalam upaya untuk memenuhi ketersediaan pangan nasional. Program diversifikasi pangan lokal adalah dengan memanfaatkan pekarangan kosong untuk ditanami tanaman produktif seperti singkong, jagung, sayur-mayur, buah-buahan dan tanaman lainnya yang bisa sebagai cadangan ketahanan pangan.

Program pemerintah pusat dalam melaksanakan gerakan diversifikasi pangan lokal ini, terang Pudjirustaty,  juga menjadi upaya untuk mencegah terjadinya krisis pangan. Seperti imbauan dari Food Agroculture Organization (FAO) dan Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi akan terjadi kemarau dengan waktu yang cukup panjang.

Hasil dari vidcon menurut Pudjirustaty, membuat pemerintah setempat mengajak seluruh masyarakat  khususnya di Kabupaten Pulang Pisau untuk bisa bersiap diri dengan memanfaatkan seluruh lahan pekarangan rumah dengan menanam tanaman yang bisa menjadi bagian ketahanan pangan.

Diungkapkan Pudjirustaty, di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Pulang Pisau masih banyak lahan-lahan yang kosong, dan bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai tanaman produktif. Ia juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan pemerintah setempat siap melaksanaan gerakan diversifikasi pangan lokal ini kepada masyarakat. (Penulis/Editor: DUDENK)